MAS GIARTO

THE ENGLISH TEACHER OF SMA NEGERI 1 BOYOLALI
GURU PEMANDU KAB. BOYOLALI

Minggu, 24 April 2011

SOAL UN BAHASA INGGRIS : MENGENALI JENIS-JENIS PERTANYAAN READING COMPREHENSION UNTUK MENENTUKAN JAWABAN DENGAN JITU

Banyaknya siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal ujian nasional Bahasa Inggis yang ditandai dengan rendahnya nilai dan tingginya ketidaklulusan mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan fakta yang memprihatinkan bagi guru bahasa Inggris. Siswa sering menganggap teks yang diujikan dalam UN belum pernah diajarkan oleh gurunya. Atau mereka sulit menentukan dan membedakan antara jawaban dan pengecohnya yang sangat mirip. Ataupun karena teks yang diujikan sangat banyak dan sangat asing yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam saja.
Berdasarkan fakta di atas, guru perlu menyusun strategi cepat dan jitu untuk membantu siswa dalam memahami teks, menentukan jawaban yang benar dan mengenali pengecohnya. Berdasarkan pengamatan penulis selama 3 kali penyelenggaraan UN " dengan mengenali karakter dan jenis pertanyaan dalam UN akan sangat membantu menentukan jawaban dengan cepat dan benar". Guru perlu memberikan 'Jembatan Keledai' yang dapat membantu siswa yang "kurang" dapat memahami teks dengan cepat. Ajarkan kepada siswa kita untuk melakukan "Mapping Jawaban" (pemetaan jawaban) sebelum mengerjakan soal terlebih dahulu. Sebenarnya, kontruksi sebuah soal seringkali memberikan petunjuk jawaban. Seringkali Di dalam sebuah soal biasanya ada 2 pilihan jawaban yang sangat mirip secara konstruksi maupun kebahasaannya. Oleh karena itu, kita perlu memahami bagaimana :
1. materi sebuah soal disusun (merujuk SKL),
2. konstruksi kalimat soal yang disusun, dan
3. bahasa penyusunan soal.
perhatikan contoh soal UN Bahasa Inggris 2011 berikut beserta mapping jawabannya.
UN P12
Gambaran Umum
17. What is the text about?
A.The writer’s complaint to the actors.
B.The direction of making good acting
C.Steps on how to make a play interesting.
D.Advice to make the play realistic and interesting (pengecoh)
E.A motivation to make the actors work harder. (jawaban)

18. What is informed on the announcement?
A.A request to return library books. (jawaban)
B.The subjects of the library books.
C.A compulsory to replace lost books. (pengecoh)
D.The administration officers.
E.Submission of receipts.

Informasi Tertentu

29. Before arrested, Jime Jimenez Arbe … in Spain.
A. had just robbed policemen (pengecoh)
B. had robbed 30 banks (jawaban)
C. would have killed three officers of the law
D. had robbed insurance companies
E. had been working for companies

P54

28. Where does the first digestive process take place?
A. In the mouth. (jawaban)
B. In the stomach.(pengecoh)
C. In the esophagus.
D. In the muscular wall.
E. In the small intestine.

Informasi Rinci
P12
42. In term of car accident, the statistic proves that car accidents caused by ….
A. men are higher that those of women (jawaban)
B. men are lower that of women (pengecoh)
C. men are as high as that of women
D. women are equal to that of men
E. women are the same as that of men.

P54.

29. The food can be swallowed easily because ….
A. it has been digested
B. it is carried by the blood (pengecoh)
C. it is moisted by saliva (jawaban)
D. it will pass the esophagus
E. it is already in the stomach

Makna Kata

P12
36. They need to practice their 180’s, 360’s and Ollie’s free from restriction. (par 5). The synonym of the underlined word is ….
A. approval
B. allowance
C. improvement
D. prevention (pengecoh)
E. limitation (jawaban)

P54.
36. “… everyone should be involved in the effort to eradicate corruption …. (par 4). The underlined word is closest in meaning to ….
A. exterminate (pengecoh)
B. eliminate (jawaban)
C. remove
D. rub
E. add

Rujukan Kata

P12
16. “it is equally important to make it as realistic as …
The underlined word refers to ….
A. acting
B. a play
C. costum
D. prop.
E. a story

Merujuk pada materi indikator soal UN yang mengacu pada SKL, sebenarnya hanya ada 7 jenis pertanyaan yang diujikan, yaitu:
1. Gambaran Umum bacaan dan pikiran utama paragraf tertentu
2. Informasi Tertentu
3. Informasi Rinci
4. Informasi Tersirat
5. Makna Kata
6. Rujukan Kata
7. Tujuan Komunikasi

Masing-masing dari jenis pertanyaan di atas mempunyai ciri kas dan cara menentukan jawaban yang berbeda-beda. Jika hal ini kita kenali maka akan sangat membantu siswa dalam menemukan jawaban dengan cepat dan akurat.

A. Gambaran Umum dan Pikiran Utama Paragraf Tertentu.

Gambaran umum menanyakan tema bacaan secara keseluruhan sedangkan pikiran utama menanyakan ide pokok sebuah paragraf. Jawaban pertanyaan gambaran umum biasanya berupa frase dengan ide pokok berupa kalimat. Teknik yang dipakai adalah skimming.
Kebanyakan jawaban pertanyaan gambaran umum biasanya dapat ditemukan di paragraph satu/awal dari teks. Sedang kebanyakan ide pokok banyak ditemukan diawal paragraph yang bersangkutan. Namun tidak selalu begitu. Sehingga untuk menemukan jawaban keduan jenis pertanyaan tersebut cocokanlah konstruksi jawaban dengan awal teks dan tiap paragraph. Lihat contoh di atas!

B. Informasi tertentu

Informasi tertentu merupakan jenis pertanyaan yang menanyakan informasi khusus tentang sebuah agen di dalam bacaan biasanya tentang apa, siapa, dimana, kapan, dan berapa. Teknik yang dipakai adalah scanning.
Jawaban dapat ditemukan dengan mengecekan stem pertanyaan ke dalam bacaan dan diteruskan. Yang dicekkan adalah predikatntnya. Lihat contoh di atas!

C. Informasi Rinci

Informasi rinci menanyakan kejelian dan ketelian mencerna informasi dalam bacaan. Teknik yang dipakai adalah reading for detail information.
Jawaban dapat ditemukan dengan cara mengecekkan satu-persatu pilihan kalimat jawaban ke teks. Hati-hati dengan lawan kata dan pertentangan kalimat. Jawaban dapat ditemukan dengan menemukan satu jawaban yang tidak ada di dalam teks/atau justru hanya ada satu-satunya. Biasanya 4 pilihan kalimat jawaban tidak dapat ditemukan di teks atau hanya ada satu informasi yang ada di bacaan. Lihat contoh!

D. Informasi Tersirat

Informasi tersirat mengujikan kemampuan untuk menemukan kesimpulan dari fakta yang ada di dalam bacaan. Kalimat jawaban tidak dapat ditemukan dalam teks tetapi faktanya ada. Jadi carilah kalimat jawaban tidak ada dalam teks tetapi berupa penyimpulan.

E. Makna Kata

Makna kata mengujikan kemampuan siswa untuk menemukan padanan kata. Cara mencari jawaban dengan menemukan konteks kata dalam kalimat. Beberapa pertanyaan makna kata dapat dijawab dengan konstruksi jawaban yang tepat. Lihat contoh di atas makna kata eradicate dapat ditebak dari konstruksi exterminate dan eliminate.

G. Rujukan Kata

Rujukan kata mengujikan kemampuan untuk menemukan kata yang dimaksud oleh pronoun tertentu. Jika pronoun berbentuk it, this, that, dan one maka rujukannya harus tunggal/singular namun jika berbentuk them, we, us, dan them rujukannya harus jamak.
Jawaban makna kata dipastikan ditemukan sebelum pronoun dan dekat dengannya. Lihat contoh it di atas jawabannya adalah a play karena terletak sebelum it.

Demkian semoga bermanfaat.

3 komentar:

sarastiono mengatakan...

OK punya

edris mengatakan...

wah sip soalnya

Unknown mengatakan...

salam kenal, Pak. sukses untuk njenengan. mampir balik ya!

Arsip Blog