MAS GIARTO

THE ENGLISH TEACHER OF SMA NEGERI 1 BOYOLALI
GURU PEMANDU KAB. BOYOLALI

Silabus dan RPP

RPP BAHASA INGGRIS KELAS XII SMA BERKHARAKTER BANGSA DAN EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI SERTA PENUGASAN TT DAN KMTT





 RPP Bahasa Inggris kelas XII semester 2 dapat diunduh di sini


Sebagai seorang guru profesional harus mampu mendesain pembelajaran sesuai dengan Standar Isi dengan aktif, dinamis, menarik dan kreatif. Seorang guru harus mampu menjadikan Silabus dan RPP-nya sebagai 'the living silabus and RPP bukan the Frozen silabus and RPP'. Artinya bahwa guru jangan menganggap silabus dan RPP sebagai sesuatu yang sakral sehingga tidak dapat ditambah ataupun dirubah namun silabus dan RPP kita seharusnya tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun secara dinamis sehingga mampu memenuhi tututan dan tuntunan pembelajaran yang bekembang.

Silabus dan RPP yang dikembangkan saat ini adalah Silabus dan RPP yang dapat mengakomodasi kegiatan pembelajaran Tatap Muka (kegiatan pendahuluan, Inti, dan akhir) dan Kegiatan Non-Tatap Muka (Tugas Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur). Berikut Penulis sajikan sebuah contoh RPP yang lengkap yang selanjutnya dpat didownload di link di bawahnya.

RPP hendaknya disusun untuk satu Kompetensi Dasar saja, semisal hanya untuk listening saja atau speaking saja, sehingga kegiatan pembelajaran di kelas kita jelas. Bukankah misi utama kita ketika masuk kelas adalah 'sukses KD'. Dengan hanya membatasi RPP dalam satu KD memudahkan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran tatap muka dan penugasan untuk kegiatan non-tatap muka.

Berikut Pelaksanaan Pembelajaran dengan RPP model Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi.

1. Kegiatan Pendahuluan

a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c. menjelaskan tujuan pembelajran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

1) melibatkan siswa untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan siswa belajar dari banyak sumber.
2). menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media, dan sumber belajar yang tersedia.
3). memfasilitasi terjadinya ineraksi antar siswa serta antar siswa dan guru, lingkungan dan sumber belajar.
4). melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

b. Elaborasi

1). membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu dan bermakna.
2). memfalitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lainya untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3). memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4). memfasilitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
5). memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
6). memfasilitasi siswa untuk membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok.
7). memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja baik secara individual maupun kelompok.
8). memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggan dan rasa peserta diri.

c. Konfirmasi

1). memberikan umpan balik positif dan penguatan dalm bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
2). memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplrasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
3). memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4). memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
5). berfungsi sebagai narasumber dan fasitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi siswa yanmengalami kesulitan, dengan menggunakan bahasa baku dan benar.
6). memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
7). memberi informasi untuk bereksplrasi lebih jauh
8). memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

3. Kegiatan Penutup

a. bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman pelajaran
b. melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c. membeikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembbelajaran remedi, pengayaan,, layanan konseling atau pemberian tugas sesuai dengan hasil belajar siswa.
e. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nama Sekolah    
:
SMA NEGERI 1 ANDONG
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
XII / 1
Standar Kompetensi
:
1.       Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi  dan  berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar
:
a.        Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

Indikator
:
q  Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
q  Mengidentifikasi makna tindak tutur   mengusulkan
q  Merespon tindak tutur   mengusulkan
q  Mengidentifikasi makna tindak  tutur memohon
q  Merespon tindak tutur   memohon
q  Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
q  Merespon tindak tutur memerintah
q  Mengidentifikasi konteks situasi

Jenis teks
:
Transaksional / Interpersonal
Aspek/skill
:
Mendengarkan
Alokasi waktu
:
2 x 45’
Tujuan Pembelajaran

:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
q  Mengidentifikasi makna tindak tutur   mengusulkan
q  Mengidentifikasi makna tindak  tutur memohon
q  Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
q  Merespon tindak tutur   mengusulkan
q  Merespon tindak tutur   memohon
q  Merespon tindak tutur memerintah
q  Menemukan informasi rinci dari tesk lisan


1.       Materi Pembelajaran
a. Percakapan- percakapan singkat yang memuat ungkapan-ungkapan berikut :
Mengusulkan, memohon
mis. A: I’d like to suggest that…;
 B: It sounds like a good suggestion
    Mengeluh
    mis. A: This is crazy!
                    B: Join the club.
        Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
        mis. A:  Would it be possible for you to…?
               B : Yeah, sure.
Memerintah
mis. A:  You must …
               B:  As you wish, Sir.
    b. Kosa kata yang terkait
         Misal : suggest, sounds like, complain,dsb.
     c. Kosa kata baku, seperti : I’d like to suggest, I want to complain, Would it be possible for you to,dsb.

2.       Metode Pembelajaran / Teknik:  Three-phase technique (Pre-Whilst-Post)

3.       Langkah-langkah Kegiatan Tatap Muka Tatap Muka
a.       Kegiatan Pendahuluan
-          Memberi salam dan mengabsen. (religious, peduli sosial)
-          Memberi motivasi dan rangsangan kepada siswa (peduli social, percaya diri)
-          Mengaitkan tema dengan materi sebelumnya (cinta ilmu)

b.       Kegiatan inti
Eksplorasi
·         Membahas kosakata sulit yang digunakan dalam tesks dialog (ingin tahu, cinta ilmu)
·         Mendengarkan dialog yang dibacakan guru/ dari kaset yang diputar (ingin tahu)
Elaborasi
·         Mengidentifikasi ungkapan-ungkapan yang ada dalam dialog (ingin tahu, tanggung jawab)
·         Menjawab pertanyaan tentang isi dialog (tanggung jawab, percaya diri)
Konfirmasi
·         Merespon ungkapan-ungkapan yang ditanyakan (tanggung jawab, mandiri)

c.       Kegiatan Penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
·         Melakukan refleksi
·         Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan- ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

Langkah-langkah Kegiatan Tatap Muka Non-Tatap Muka
Tugas Terstruktur:
-          Mepraktikan dialog secara berpasangan tentang ungkapan mengeluh dan mengusulkan yang ada di buku Developing English Competencie hal
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
-          Menuliskan tindak tutur mengeluh dan mengusulkan dari film yang dilihat di TV
-          Membuat dialog singkat berisi tindak tutur mengeluh dan mengusulkan

5. Sumber Belajar
a.       Developing English Competencies 3 : Developing English Competencies, Pusat Perbukuan
b.       Script percakapan

6. Penilaian
    a. Teknik           : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis.
    b.  Bentuk          : Pertanyaan lisan
    c.  Instrumen     :  Terlampir

1.         I. Listen to the conversation and answer the following question!
       

A STUDENT IS TALKING TO HIS ADVISOR

              Student                  : Mr. Hartono, what do you advise me to do about English class? Should I drop it or 
                                                continue with   it?
                Mr. Hartono           : I think it would be a good idea to talk with your instructor. Try talking with him about the
                                                   problem, and see what he suggests.
               Student                 :  What if he say I should continue in the class?
               Mr. Hartono          : Then follow his advice.
               Students               : All right, sir.

Questions :

1.   How many people are involved in the conversation?
2.   Where did the conversation take place?
3.   What did the student say to ask suggestion/advice?
4.   What did Mr. Hartono say to express his advice?
5.   What did the student say to respon Mr. Hartono’s advice?

IListen to the conversation and answer the following question!


Tommy is complaining to his father about his room.
Tommy        : Dad, I don’t like the new wallpaper in my room.
Father         :  Well, that’s just too bad. Be satisfied with it. I’m not going to change it now.
                     : Now, Tommy, it was what you wanted. Like it or lump it. I’m not going to put up
                       new wallpaper again for you.


Questions :
1.   How many people are involved in the conversation?
2.   Where did the conversation take place?
3.   Who are on the coner?
4.   What did Tommy say to express his complaint?
5.   What did his father say to respon Tommy’s complaint?

Kunci Jawaban:
I. 1.  Two Peope
   2.   At School office
   3.   Mr. Hartono, what do you advise me to do about English class
   4.   I think it would be a good idea to talk with your instructor
       5.   All right, sir

II. 1.  Two Peope
   2.   At Tommy’s house
   3.   Tommy and his father
   4.   Dad, I don’t like the new wallpaper in my room
       5.  Well, that’s just too bad. Be satisfied with it

d. Pedoman Penilaian :
   
No
Uraian
Skor
I dan  II
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
20
10
0

       Jumlah skor maksimal = I.    5 x 20 = 100
                                               II.   5 x 20 = 100
       Penilaian        : Jumlah skor perolehan : skor maksimal x 100

                                                                                                                               
                                                                                                                                                Andong, 12 Juli  2011



Mengetahui ,
Kepala Sekolah




Suyanta, S.Pd., M.Pd
NIP. 19650504 198903 1 014

Guru Bahasa Inggris




Sri Sugiarto, S.Pd.
NIP. 197606152008011023

RPP Bahasa Inggris Kelas XII smt 1 Kharakter Bangsa dan EEK
dapat diunduh di sini


Silabus Bahasa Inggris Kelas XII SMA Kharakter  Bangsa Smt 1
dapat diunduh di sini

RPP Kelas X smt 1 kharakter bangsa
dapt diunduh di sini

RPP kelas XI smt 1 karakter bangsa
dapat diunduh di sini

Prota Dan Promes Smt 1
dapat diunduh di sini dan sini


Silabus EEK dan TT KMTT kelas XII
dapat download di sini
RPP EEK dan TT KMTT kelas XII smt 1
dapat didownload di sini

RPP EEK dan TT KMTT Kelas XII smt 2
dapat didownload di sini

Silabus Kelas XII Smt 2
dapat di download di sini

Silabus Kelas XI smt 1
dapat diunduh di sini

RPP kelas XI smt 1

dapat diunduh di sini


Prota Kelas XII semester II
dapat diunduh di sini

demikian semoga bermanfaat







2 komentar:

Anonim mengatakan...

Like it so. .
KLo u pRgkt pmblJrn yg kLs x b.ing ny ada g y?
Q mau doNk. .

Mujalal mengatakan...

Dear Pak Sugiarto,
Format rppnya apa dah sesuai dengan standar untuk Sertifikasi guru ya pak??

because,
katanya qt hrs buat yg sesuai standar DIRJEN.... gmna pak GI pendapat bapak???

thanks

Arsip Blog